top of page

Partnering Businesses

Public·13 friends

Anatomi Otak Manusia.pdf !!TOP!!


Perkembangan otak yang ada pada anak dimulaidari masa konsepsi didalam kandungan seorang ibu. Hal ini bisa diamati daritest USG ketika masa proses perkembangan janin. Dari hari ke hari anatomi fisikperkembangan volume otak anak mengalami perubahan. Sampai pada usia sembilanbulan ketika anak lahir, masa perkembangan otak anak ini terus berkembangsecara terus menerus baik itu secara kuantitas dan kuantitas. Jika berbicaratentang kuantitas maka berbicara tentang besar kecilnya (fisik) otak anak, jikaberbicara tentang kualitas anak maka berhubungan dengan perkembangan sel neuron(dendrite, tubuh sel, akson) dan gizi yang menunjang otak.




Anatomi Otak Manusia.pdf



Anatomi otak manusia dibagi menjadi 4 yaitu;cerebrum atau otak besar, cerebllum, brain, dan system indrik. Cerebrum adalahbagian terbesar dari otak manusia yang juga disebut dengan nama CerebralCortex, Forebrain atau Otak Depan. Cerebrum merupakan bagian otak yangmembedakan manusia dengan binatang. Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuanberpikir, analisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori dan kemampuanvisual. Kecerdasan intelektual atau IQ Anda juga ditentukan oleh kualitasbagian ini. Cerebrum secara terbagi menjadi 4 (empat) bagian yang disebutLobus. Bagian lobus yang menonjol disebut gyrus dan bagian lekukan yangmenyerupai parit disebut sulcus. Keempat Lobus tersebut masing-masing adalah:Lobus Frontal, Lobus Parietal, Lobus Occipital dan Lobus Temporal.


Otak besar dibagi menjadibelahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan Otak Kiri danOtak Kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiriberfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuanmenulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakarmenyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ). Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan EmotionalQuotient (EQ).Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain sertapengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif,kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari,melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.


Otak Kecil atau Cerebellum terletak di bagianbelakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mengontrolbanyak fungsi otomatis otak, diantaranya: mengatur sikap atau posisi tubuh,mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil jugamenyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari sepertigerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintudan sebagainya. Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguanpada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi,misalnya orang tersebut tidak mampu memasukkan makanan ke dalam mulutnya atautidak mampu mengancingkan baju.


Sistem limbik terletak di bagian tengah otak,membungkus batang otak ibarat kerah baju. Limbik berasal dari bahasa latin yangberarti kerah. Bagian otak ini sama dimiliki juga oleh hewan mamalia sehinggasering disebut dengan otak mamalia. Komponen limbik antara lain hipotalamus,thalamus, amigdala, hipocampus dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsimenghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memelihara homeostasis, rasahaus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memorijangka panjang. Bagian terpenting dari Limbik Sistem adalah Hipotalamus yangsalah satu fungsinya adalah bagian memutuskan mana yang perlu mendapatperhatian dan mana yang tidak.


Dalam pendidikan anak usia dini segala fungsiyang ada pada potensi dalam dirinya sangat perlu untuk dikembangkan. Aspekperkembangan seni, motorik, bahasa, sosial-emosional, kognitif, dan NAM dalamalur perkembangannya harus berjalan selaras dalam artian keseimbangan darisegala aspek perkembangan yang ada pada diri anak merupakan hal yang sangatpenting. Segala aspek perkembangan yang ada dalam potensi anak diatur secarasistematis dalam otak anak. Otak menjadi pusat sentral perkembangan anak karenamengatur segala aktifitas yang ada dalam diri anak. pada umumnya didalam otakbesar yang ada pada anak dan manusia dibagi menjadi dua yaitu otak kanan(hemisfer kanan) dan otak kiri (hemisfer kiri). Seperti yang dijelaskan diatas otak kiri merupakan pusat IntelligenceQuotient (IQ) danotak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Logikanya dalam perkembanganpada anak yang menjadi dasar dari perkembangan manusia, dan penting sekaliuntuk diseimbangkan dalam perkembangannya agar individu mampu mengembangkandimensi EQ dan IQ dengan seimbang.


Hakikat perkembangan otak kiri dan kanan pada manusia ituterjadi ketika gerakan bagian tubuh kanan atau kiri itu sering dilakukan. Untukpengembangan otak kanan, bagian tubuh kiri yang sering difungsikan, sebaliknyauntuk bagian otak kiri, maka bagian tubuh kanan yang sering difungsikan.Gerakan-gerakan yang dilakukanpun tidak sembarangan. Terdapat gerakan yangmempunyai pola yang biasanya familiar disebut sebagai senam otak. Gerakan kombinasisenam otak yang mengkombinasikan gerakan antara tubuh bagian kiri dan kanan.Hasil dari gerakan kombinasi senam otak yang terpola ini akan menghasilkankeseimbangan otak kanan dan kiri anak. Banyak cara yang bisa dilakukan untukmelakukan senam otak, dimana gerakan tangan kanan dan tangan kiri berbeda.Berikut gerakan yang bisa dilakukan untuk senam otak. Di antaranya:


Senam otak ini bisa dilakukan anak di rumah dengan bimbingan dari orang tua.Senam ini bisa dilakukan tiga kali seminggu maupun setiap hari. Untuk pertamatama awali dengan satu gerakakn dulu. Keesokan harinya bisa ditambah satugerakan lagi. Setiap gerakan bisa diulang ulang . Senam otak dilakukan tidaklebih dari 5 menit. Dibawah ini terdapat contoh implementasi senam otak padaanak usia dini yang diterapkan pada penelitian Indah WulandariMahasiswa PG-PAUD IKIP Veteran Semarang tahun 2014:


Pelaksanaanpertama tindakan kelas pada pertemuan pertama pada siklus I adalah, penelitimelakukan awalan dengan memberikan setiap anak air mineral sebanyak satu gelaskecil, dengan maksud menambahkan asupan oksigen ke dalam otak anak. Air dapatmengaktifkan otak untuk hubungan elektro kimiawi yang efisien antara otak dansistem saraf, menyimpan dan menggunakan kembali informasi secara efisien.


Gangguan kejiwaan juga berkaitan dengan sistem kerja tubuh khususnya otak. Kondisi genetik, luka pada otak, adanya infeksi dan tumor, adanya efek dari tekanan yang berkepanjangan, dan adanya racun atau zat berbahaya dapat menjadi penyebab otak tidak berfungsi dengan normal.


Gangguan pada fungsi otak ini dapat memetakan jenis gangguan kejiwaan yang dialami oleh seseorang. Contohnya gangguan skizofrenia yang terjadi pada fungsi otak psikosis yang melibatkan kognisi dan persepsi, gangguan pada fungsi emosi yaitu depresi dan bipolar, gangguan pada fungsi signaling antara lain adalah social anxiety disorder dan panic disorder, serta pada gangguan fisik dan perilaku terdapat obsessive compulsive disorder dan post traumatic stress disorder.


Diantara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah melakukan aktifitas fisik setiap hari. Hal ini diperlukan untuk menjaga tubuh dalam keadaan prima dan seluruh anggota tubuh berfungsi dengan baik. Aktifitas fisik adalah melakukan pergerakan anggota tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik, mental dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari. Tak hanya itu, aktivitas fisik yang dilakukan pun sangat berguna bagi perkembangan otak dan pertumbuhan si kecil. Tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat, cukup melakukan hal-hal sederhana di rumah dan lingkungan sekitar; misalnya : bermain bola, bersepeda, naik turun tangga, jalan santai, dan kegiatan lainnya.


1. Mengontrol berat badanSaat bermalas-malasan, tubuh kita cenderung mendapat asupan kalori berlebih dibandingkan penggunaannya, kalori yang tidak terpakai tersebut nantinya akan tersimpan sebagai lemak. Lain halnya apabila kita aktif berolahraga, tubuh kita akan membutuhkan lebih banyak kalori, sehingga lemak tubuh yang tersimpan akan dibakar untuk diubah menjadi energi. Penurunan berat badan, memberikan efek positif bagi kesehatan jantung dan pengontrolan kadar gula darah.2. Menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakitAktifitas fisik 30 menit secara teratur bisa membantu mencegah atau mengelola masalah kesehatan termasuk stroke, penyakit metabolisme, stress, kanker, diabetes mellitus type 2, dan arthritis.3. Memperbaiki suasana hatiBerjalan kaki selama 30 menit bisa mengurangi stres dan emosional. Aktifitas fisik yang dilkaukan bisa merangsang bahan kimia otak yang dapat membuat lebih bahagia dan lebih santai.4. Menurunkan kadar gula darahLatihan fisik akan mencegah akumulasi berlebih gula dalam sirkulasi darah. Saat berolahraga, otot akan mengambil pasokan gula dari sirkulasi dan mengubahnya dalam bentuk energi. Hal ini tentunya akan mengurangi risiko diabetes.5. Meningkatkan staminaAktifitas fisik yang terartur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahun tubuh.6. Mencegah kankerSeseorang yang berolahraga teratur memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit kanker terutama pada usus besar, rahim dan payudara. 7. Mengatur tekanan darahLatihan fisik atau olahraga telah terbukti dapat mengurangi stres. Dengan menghindari stress berlebihan, resiko peningkatan tekanan darah serta penyakit jantung pun akan menurun.


About

Support Local and Friendly Businesses Recommended by Montana...
bottom of page